Tips Belajar Cerdas

Belajar dengan tekun dan disiplin memang baik, akan lebih baik lagi kalau kamu menerapkan belajar cerdas. Belajar cerdas akan sangat menunjang keberhasilan studimu. Pada tips ini akan diuraikan hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar bisa mulai belajar dengan baik dan berhasil, yaitu :

Belajarlah sambil mendengarkan musik

belajar sambil mendengarkan musik

Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang kamu pelajari atau kerjakan. Disarankan untuk didengar adalah musik klasik atau instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai. Tapi kalau kamu tidak bisa menikmatinya, putarlah musik kesayanganmu.

Ciptakan suasana nyaman di ruang belajarmu

Buat ruang belajarmu senyaman mungkin supaya kamu betah berada disana. Kalau memungkinkan, hiasilah dengan gambar-gambar pilihan atau kata-kata yang bisa memberimu motivasi. Boleh juga menggantungkan poster, foto idolamu, atau piagam penghargaan yang pernah kamu raih. Perhatikan juga ventilasi udara agar kamu tidak merasa kepanasan atau kedinginan. Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluanmu, tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu menyilaukan. Hindari jendela dan pintu dekat dengan meja belajarmu, agar tidak terjadi polusi visual bagi kamu yang visual modality.

Aturlah waktu belajarmu seefisien mungkin

Biasakanlah untuk belajar secara teratur/setiap hari dengan jadwal yang telah kamu tetapkan. Hindari kebiasaan menunda, menumpuk tugas yang perlu dikerjakan sampai menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hentikanlah kebiasaan belajar dengan sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan membuat kamu menjadi pribadi yang tidak berkarakter untuk sukses, harus ditekan untuk bergerak . Bahayanya, kebiasaan ini akan berlanjut ketika kamu sudah memasuki dunia kerja, sangat bisa menghambat peningkatan karirmu kelak. Dan bisa berlanjut sampai pada universitas kehidupan nanti, yakni kehidupan berumah tangga.

Belajarlah dengan aktif

Jangan puas dengan mengerti dari satu sumber saja, gali dan pelajari dari banyak sumber. bisa melalui buku-buku atau browsing melalui internet.

Banyaklah berlatih mengerjakan soal-soal,terutama pelajaran yang banyak menggunakan rumus.

Rumus-rumus akan secara otomatis nempel ke otak jika sering berlatih/dilihat. Maka, berlatihlah sebanyak mungkin

“Lebih baik belajar 3 x 1 jam daripada 1 x 3 jam”

Belajarlah dengan minat yang besar agar kualitas dan hasil belajarmu lebih optimal

Dengan minat yang tinggi, kamu akan bersemangat menggali berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi yang kamu pelajari. Itulah alasannya mengapa sebaiknya kamu kuliah dibidang yang benar-benar kamu minati. Kalau kamu sangat menyukai teknik, mungkin kamu akan mengalami masalah kalau kamu harus kuliah ekonomi, dsb. Tapi kalau kamu sudah terlanjur salah jurusan, atau berada ditempat yang kurang kamu sukai, maka cobalah unuk menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang telah kamu ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga bisa muncul dari penyusuaian diri, percayalah tidak ada ilmu yang tak bermanfaat, raihlah segala bidang ilmu, pelajari dengan matang jangan setengah-setengah hingga bisa didapat suatu kecerdasan multi dimensi.

Teknik membaca cepat

Pelajari cara agar kamu bisa membaca dengan kecepatan tinggi dan dengan pemahaman yang tinggi pula. Ini adalah kemampuan vital bagi kamu yang hidup di era digital dan informasi.

Terapkan teknik mengingat dengan menggunakan kata kunci atau akronim

Usahakan membuat akronim yang terkesan lucu dan unik agar otak kananmu ikut terlibat dalam belajar. Ingat, bahwa sesungguhnya otak kanan jauh lebih dasyat dari otak kiri. Jadi, jika otak kanan ikut terlibat dalam belajar maka pelajaran akan jauh lebih cepat diingat dan hebatnya lagi bersifat jangka panjang.

Pelajarilah teknik menulis

Dengan kemampuan ini kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis-menulis secara sistematis dan mudah dipahami, baik berupa laporan, artikel dan sebagainya, karena keahlian menulis sangat diperlukan di dunia kerja.

Pelajarilah cara berpikir yang logis , rasional dan objektif

Meskipun, pikiran kamu lebih hebat dari komputer, mungkin baru sebagian kecil bagian dari otakmu yang kamu manfaatkan. Berkat jasa para ilmuwan, sekarang otak kamu bisa dilatih untuk memacu potensimu yang luar biasa sehingga kamu bisa lebih berprestasi dalam studi dan sukses dalam hidup..!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =