Tips melatih fokus belajar

Tips melatih fokus belajar

Hampir setiap pekerjaan atau aktivitas yang bermuara ke output atau hasil, menuntut harus adanya keseriusan dalam melakukannya. Keadaan serius dimulai dengan adanya FOKUS terhadap apa yang akan dilakukan, akan tetapi untuk bisa fokus tidaklah mudah untuk kebanyakan orang.

Nah, bagi anda yang agak susah fokus, berikut ini adalah merupakan latihan sederhana yang dapat dicoba (sebaiknya dilatih berulang, agar pikiran bawah sadar merekamnya dan memerintahkan otak, khususnya otak kanan. Kita tahu otak kanan jauh lebih dasyat dari otak kiri) selamat mencoba:

  1. Ciptakan suasana yang agak berisik, misal putar musik agak keras (anda terbiasa dengan latihan ini, maka di tempat yang berisik pun anda dapat tetap fokus, jadi cocok juga untuk mengatasi suasana belajar yang agak berisik)
  2. Sebaiknya catat waktu saat mulai ( jam, menit, detik)
  3. Pilih angka yang akan dihitung mundur, misal dari 10 ke 1 atau dari 20 ke 1 atau dari bilangan yang lebih besar lagi, tergantung anda,
  4. Bayangkan impian / cita-cita / tujuan / goal anda dan buat itu merupakan no 1 ( terakhir dalam hitungan)
  5. Pejamkan mata (boleh tidak), mulailah konsentrasi pada napas anda, setelah konsentrasi / tenang baru lanjutkan ke langkah berikut
  6. Mulailah menghitung mundur (contoh angka tertinggi adalah angka 10)·
    • pertama Tarik napas dalam perlahan melalui hidung, tahan lalu hembuskan dengan perlahan melalui mulut, saat hembuskan napas katakan dalam hati “10 “·
    • Lalu tarik napas yang dalam perlahan-lahan melalui hidung, tahan, lalu hembuskan dengan perlahan melalui mulut, saat hembuskan napas katakan dalam hati “9 “.
    • kemudian tarik napas lagi yang dalam, perlahan melalui hidung, tahan, hembuskan dengan perlahan melalui mulut, saat hembuskan napas katakan dalam hati “8 “.
    • Terus lanjutkan sampai anda mencapai angka 1 yaitu impian / tujuan / goal·
    • Anda boleh bersuara dengan agak keras atau mengepalkan tangan saat mencapai angka 1· Boleh juga menggunakan kalimat sugesti :”Yes” AKU BISA” atau “Yes” SAYA MAMPU”
  7. Buka mata perlahan dan perhatikan lama anda melakukan latihan (dari jam.menit dan detik setelah selesai)
  8. Rasakan perasaan anda saat ini dan nikmati suasana sekarang, bisa juga dideskripsikan perasaan anda saat ini dengan kata-kata, misal :
    • ”Saya Bersyukur,” atau “Sungguh Engkau Maha Besar” Anda boleh melatihnya kapan saja ada waktu luang, di kamar saat mau belajar, di mobil jika anda sebagai penumpang, sebelum kelas mulai, malam hari sebelum tidur, atau kapan saja anda perlu untuk FOKUS pada sebuah kegiatan/akivitas…..selamat mencoba.

(sumber: transformation of life

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =